Silabus, Prota dan Promes Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
Silabus, Prota dan Promes Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
![]() |
| Silabus, Prota dan Promes Matematika K13 Kelas 4 Semester 2 |
Fungsi Pengembangan Silabus
Pengembangan silabus pada hakekatnya ditujukan kepada guru dan kelompok guru mata pelajaran di sekolah/madrasah, musyawarah guru mata pelajaran, dan dinas pendidikan. Sejalan dengan itu maka tujuan pengembangan silabus adalah membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam menjabarkan Kompetensi Dasar (KD) menjadi perencanaan pembelajaran yang akan dicapai.
Fungsi pengembangan silabus secara umum adalah:
1. Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan materi ajar; (3) pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaian yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
2. Dalam hal ini silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kom petensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40).
3. Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.
Dengan adanya sebuah rancangan yang matang, maka dalam pelaksanaan pembelajaran guru akan lebih terarah dalam penyajian materi ajar atau pengalaman-pengalaman belajar, sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
Demikian semoga materi Silabus, Prota dan Promes Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
dapat bermanfaat dengan maksimal, mohon maaf atas segala kekurangan
kami dalam membagikan dan menjelaskan berbagai materi di blog ini.


Post a Comment for "Silabus, Prota dan Promes Matematika K13 Kelas 4 Semester 2"
Post a Comment