Unduh Buku Pedoman Kerja Kepala Sekolah
Unduh Buku Pedoman Kerja Kepala Sekolah
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah disusun dalam rangka mewujudkan Kepala Sekolah/Madrasah yang berkompeten, sehingga dibutuhkan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut.
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah ini berisi penjelasan tentang pelaksanaan tugas kepala sekolah/madrasah, seiring dengan perubahan kebijakan dan kebutuhan di lapangan. Tugas ini sangat erat kaitannya dengan peningkatan kompetensi.
Panduan kerja ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melakukan pembinaan bagi Kepala Sekolah/Madrasah.
Ruang lingkup Panduan Kerja Kepala Sekolah ini meliputi identifikasi tugas pokok dan fungsi Kepala Sekolah dalam mengembangkan sekolah; peningkatan mutu sekolah berdasarkan penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP); pengembangan kepemimpinan kepala sekolah, pengembangan pendidikan karakter, dan pengembangan kewirausahaan; serta pelaksanaan pengawasan pembelajaran melalui supervisi akademik dan peningkatan profesionalitas kepala sekolah.
Di dalam uraian setiap subtopik yang dibahas disertai dengan penjelasan langkah-langkah prosedur operasional dan dilengkapi dengan instrumen atau perangkat instrumen yang diperlukan sebagai pelengkap setiap kegiatan kepala sekolah.
Tugas pokok jabatan kepala sekolah dalam usaha mengembangkan sekolah adalah:
1. menyusun dan atau menyempurnakan visi, misi dan tujuan sekolah;
2. menyusun struktur organisasi sekolah;
3. menyusun rencana kerja jangka menengah (RKJM) dan rencana kerja tahunan (RKT);
4. menyusun peraturan sekolah; dan
5. mengembangkan sistem informasi manajemen.
Usaha Pengembangan Sekolah
Seorang yang menjabat sebagai kepala sekolah sudah barang tentu harus dapat mengkondisikan lingkur pekerjaan, dan serta dapat mengubah ke arah lebih maju dengan menyusun “Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah.
Menyusun Visi, Misi, dan Tujuan
Visi adalah pandangan atau wawasan ke depan yang dijadikan cita-cita, inspirasi, motivasi, dan kekuatan bersama warga sekolah mengenai wujud sekolah pada masa yang akan datang.
Misi adalah pernyataan tentang hal-hal yang digunakan sebagai acuan bagi penyusunan program sekolah dan pengembangan kegiatan satuan-satuan unit sekolah yang terlibat, dengan penekanan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan oleh sekolah dalam rangka mewujudkan visi sekolah.
Tujuan adalah capaian kualitas yang spesifik, terukur, dapat dikerjakan, relevan, dan jelas waktu pencapaiannya, dalam rangka mewujudkan visi dan misi sekolah.
Menetapkan visi, misi, dan tujuan sekolah merupakan salah satu tugas kepala sekolah. Visi dan misi sekolah merupakan tahap awal bagi sekolah dalam membuat rencana pengembangan sekolah lima tahun ke depan.
Pengembangan Struktur Organisasi Sekolah
Struktur organisasi adalah pengaturan tentang sistem penyelenggaraan dan administrasi sekolah yang memuat uraian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas dan transparan.
Download juga: Pedoman Akreditasi Tahun 2022
Langkah Strategis Pengembangan Sekolah
a. Melakukan analisis lingkungan strategis dengan menggunakan metode analisis dengan membandingkan antara kondisi pendidikan saat di sekolah dan pendidikan yang diharapkan (kondisi ideal). Sekolah dapat menggunakan metode analisis seperti SWOT, Evaluasi Diri Sekolah (EDS) atau metode lain.
b. Menggunakan indikator Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang akan dianalisis.
c. Menemukan kesenjangan antara kondisi nyata dan kondisi ideal yang diharapkan. Kesenjangan pada setiap indikator akan menjadi bahan rujukan untuk strategi perencanaan program pendidikan di sekolah.
d. Mengelompokkan program-program sekolah yang terdeteksi dari kesenjangan berdasarkan skala prioritas.
e. Menuangkan skala prioritas ke dalam rencana kerja jangka menengah (RKJM).
f. Menguraikan RKJM secara operasional ke dalam rencana kerja tahunan (RKT).
g. Melengkapi RKT dengan pembiayaan sehingga menjadi rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS).
h. Melakukan pemonitoran untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan dan hasil dari berbagai yang direncanakan sekolah dan mengevaluasi berupa pemantauan, pengawasan, evaluasi, serta upaya tindak lanjut yang dapat dijadikan sebagai rujukan untuk program selanjutnya.
Secara lengkap dapat langsung didownload pada tautan berikut.
Post a Comment for "Unduh Buku Pedoman Kerja Kepala Sekolah"
Post a Comment