Download Soal Penilaian Pengetahuan K13 Kelas 2 Tema 1,2,3,4 Edisi Terkini
Download Soal Penilaian Pengetahuan K13 Kelas 2 Tema 1,2,3,4 Edisi Terkini
Download Soal Penilaian Pengetahuan K13 Kelas 2 Tema 1,2,3,4 Edisi Terkini -Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. 3 aspek penilaian dalam pelaksanaan kurikulum 2013 meliputi; penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan penilaian aspek Keterampilan. Dan pada umumnya sebuah pembelajaran guru harus menguji tingkat keberhasilan materi yang dapat diterima oleh peserta didik, hal ini sebagai bahan penilaian, refleksi dan evaluasi terhadap hasil yang didapatkan.Beberapa penjelasan terkait dengan penilaian pada kurikulum 2013 antara lain:
Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar.
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah/madrasah.
Penilaian harian (PH) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar.
Penilaian tengah semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh KD pada periode tersebut.
Penilaian akhir semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan PAS meliputi seluruh KD pada semester ganjil.
Penilaian akhir tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan PAT meliputi seluruh KD pada semester genap.
Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik di dalam dan di luar pembelajaran.
Penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik.
Penilaian keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu.
Penjelasan singkat tentang Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.
Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi. Angka menggunakan rentang nilai 0 sampai dengan 100. Predikat disajikan dalam huruf A, B, C, dan D. Rentang predikat (interval) ini ditentukan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan KKM.
Deskripsi dibuat dengan menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Teknik penilaian pengetahuan menggunakan 1) tes tertulis, 2) lisan, dan 3) penugasan.
1) Tes Tertulis
Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal.
• Menyusun pedoman penskoran.
• Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran.
2) Tes Lisan
Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat, mengecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut:
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Membuat pertanyaan atau perintah.
• Menyusun pedoman penilaian
• Memberikan tindak lanjut hasil tes lisan
3) Penugasan
Penugasan adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Tugas dapat dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai karakteristik tugas. Tugas tersebut dapat dilakukan di sekolah, di rumah, atau di luar sekolah.
Download file:
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 1 Subtema 1.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 1 Subtema 2.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 1 Subtema 3.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 1 Subtema 4.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 2 Subtema 1.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 2 Subtema 2.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 2 Subtema 3.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 2 Subtema 4.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 3 Subtema 1.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 3 Subtema 2.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 3 Subtema 3.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 3 Subtema 4.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 4 Subtema 1.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 4 Subtema 2.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 4 Subtema 3.doc
- Soal Pengetahuan Kelas 2 Tema 4 Subtema 4.doc
Demikian ulasan singkat materi Download Soal Penilaian Pengetahuan K13 Kelas 2 Tema 1,2,3,4 Edisi Terkini semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Download Soal Penilaian Pengetahuan K13 Kelas 2 Tema 1,2,3,4 Edisi Terkini"
Post a Comment